Minggu, 11 Januari 2015

tabarruk?


[20:55 05/08/2014] ‪+62 821-8002-7381‬: Bismillahi, ustadz apa
[21:03 05/08/2014] ‪+62 821-8002-7381‬: Bismillahi ustadz mau tny! Apa benar didlm kitab tarikh baqhdad kry imam al-khathib al-baqhdadi dijelaskan bhw imam asy-syafi'i bertabarruk/ mencari berkah di makam imam abu hanifah, beliau meminta kpd Alloh agar terselesaikan urusannya  disamping makam imam abu hanifah tsb?                Jazakallohu khair
[21:48 05/08/2014] Abu Ayyub Ngawi: Sumber nya mana akh?
[21:49 05/08/2014] Abu Ayyub Ngawi: Alangkah baiknya semua isu yg ingin dibahas aato dibantah adalah hal yg jelas keberadaannya
[5:06 06/08/2014] ‪+62 821-8002-7381‬: Krn ngak jelas itu ana bertny? Sbb ana ngak bs baca kitab dan ngak pernah baca kitab tsb, brngkali ustadz disini sdh pernah membacanya. Hal tsb jd dalil bagi orng2 habaib u bertabaruk kpd kuburan.
[5:49 06/08/2014] Fadhil: Adakah dalil yg mnjlskn semakin byk bertnya tdk baik?
[5:59 06/08/2014] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: (كره لكم قيل و قال وكثرة السؤال) الحديث
Banyak bertanya kemudian tdk diindahkan, atau banyak bertanya sstu y tdk bermanfaat atau banyak bertanya pada sstu y tdk ada kenyataannya, seperti kisah tabarruk imam asysyafii dikuburan inikan kedengarannya sangat munkar untuk sosok imam ahlussunnah melakukan hal sejijik itu, jadi kalau butuh bantahan maka harus sebutkan buku y menetapkan keanehan tsb krn membantah sstu y tdk ada bukankah itu lebih aneh lagi?!!! Allohumustaan bukankah begitu ya ikhwananaa
[6:00 06/08/2014] Fadhil: Alhamdulillah. Tepat dan pas dgn yg ana mksd. Jazakumullohukhoiron
[6:16 06/08/2014] Abu Muhammad Ngawi: Akan tetapi kisah Imam Asy Syafii tentang tabbaruk memang disebutkan oleh Al-Khothib,  Imam Al-Khothib Al-Baghdadi rahimahullah berkata:
أخبرنا القاضي أبو عبد الله الحسين بن علي بن محمد الصيمري قال انبانا عمر بن إبراهيم قال علي بن ميمون قال سمعت الشافعي يقول: إني لأتبرك بأبي حنيفة وأجيء إلى قبره في كل يوم يعني زائراً فإذا عرضت لي حاجة صليت ركعتين وجئت إلى قبره،  وسألت الله تعالى الحاجة فما تبعد عني حتى تقضي.
"Asy Syafii berkata: sungguh aku bertabarruk dengan Abu Hanifah serta aku datang disisi kuburnya pada setiap harinya untuk berziarah,  maka apabila datang kepadaku suatu masalah, aku shalat dua rakaat seraya datang kekuburnya,  dan meminta kepada Allah,  maka tidak aku meninggalkan (kuburan)  kecuali telah terselesaikan masalah." [dikeluarkan oleh "Al-Khothib" dalam "Tarikh" (1/55)]
[6:43 06/08/2014] Fadhil: Bgmn ahlussunnh menilai hal tersbt?
[7:11 06/08/2014] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Matan/kisahnya munkar sekali sebagaimana ana sebutkan tadi untuk seorg imam bertabarruk dg y sdh meninggal, diantara ketergelincaran seperti hafidz ibnu hajar dan annawawy rohimahumulloh mengenai bolehnya bertabarruk thdp org sholeh dimasa hidupnya itupun rohimahumulloh sangat keras diingkari bgmn dg tabarruk thdp org y sdh meninggal ditambah lagi doanya dikuburan dan dia tidak meninggalkan kecuali setelah diberi jalan keluar dari permasalahannya. ..semoga sanadnya juga sedemikian munkarnya allohumustaan
[7:19 06/08/2014] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Y boleh itu tabarruk dg ilmu seseorang dg duduk di majelisnya bukan dg dzatnya atau atsarnya krn itu merupakan kekhususan nabi shollolloh alaih wa sallam alloh muwaffiqٌ
[12:41 06/08/2014] Abu Abd Padang: Itu adalah riwayat doif bahkan batil yg dinisbahkn k syafii. S albany telah jlaskn kedhoifanny dlm "dhoifah" jg syailhul islam dlm "iqtdho".
Itu shubhat dr al kautsary almubtadi'.
Dr siapa antm dapt?
[12:43 06/08/2014] Abu Abd Padang: Tambahan dari ustadzina Abu Zakariya Irham, Pengasuh ma'had Al 'Utsmaniy Purworejo.
[14:57 06/08/2014] ‪+62 821-8002-7381‬: Benar itu matannya, ana dpt dr pengikut habib2 aswaja. Alhamdulillah trnyt riwayat tsb dhoif. Sbb mematahkan hujjah, perlu jg hujjah... Tp ilmu ana ngak nyampe klo sdh bicara soal mustholah hadits. Jd diam aja, dan bertny kpd yg lbh 'alim.
[14:57 06/08/2014] ‪+62 821-8002-7381‬: Jazakumullohu khair

Tidak ada komentar:

Posting Komentar