Kamis, 23 Juni 2016

i'tikaf menempuh safar?


[17:00 20/06/2016] ‪+62 852-4833-****‬:

Bismillah. Afwan, ana mau tnya ttg hadits di riwayatkn dr Abu Wa'il, ia brkata: "Hudzaifah ibnul Yaman brkata kpd 'Abdulloh ibnu Mas'ud: Sejumlah org beri'tikaf di antara rumahmu dan rumah abu musa dan engkau tdk melarangnya bknkah engkau tau bhwa Rosululloh صلى الله عليه وسلم berkata: لا إعتكاف الا في المساجد ااثلاثة, yg mana yg dimksd adlh msjid nbawi, aqsho, dn harom, lalu bgmn dgn mrk yg tdk i'tikaf di ke 3 msjid trsbt? Ap sbnrny mkna yg di kndung hadits trsbut? Mhon jawabanny ust.

[17:04 20/06/2016] ‪+62 852-4833-****‬:

Dan bgmn hika sorg ikhwn ingin beri'tikaf di luar mesjid yg brada di daerahny, mksdny dy ke mesjid lain yg jrakny misalkn dr pinrang ke pare2?  Alsan dy tdk i'tikaf d msjid daerahny krn dstu dy tdk mnemukan ktnangan dlm ibdh, d tmbah lg bnykny masalah yg trjdi di msjid itu shingga mmbuatny tdk fokus dlm ibadah.. bgmn ust mmandang masalah ini?

[17:05 20/06/2016] ‪+62 852-4833-****:

Afwn td ad yg slh tulis dgn hditsny shrusny الثلاثة

[17:17 21/06/2016] أبوالمنذر مجاهد الأندونيس:

1. Hadits di atas maksudnya: tdk ada i'tikaf yang lebih sempurna/banyak pahalanya daripada i'tikaf di 3 mesjid tsb bukan berarti i'tikaf di mesjid lain tdk sah dg firman alloh subhanah wa taala

ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ َ

(tetapi) janganlah kamu menggauli mereka (istri 2 kalian) itu, sedang kalian beri'tikaf dalam mesjid2. (artinya di mesjid manapun) Albaqoroh 187

2. Pinrang ke pare, jika dia memandang itu sdh jarak safar maka tdk boleh jika dia maksudkan dg safarnya tsb untuk ibadah i'tikaf.

٧٣٣٢ - «لا تشد الرحال إلا إلى ثلاثة مساجد: المسجد الحرام ومسجدي هذا والمسجد الأقصى» .
(صحيح) [حم ق د ن هـ] عن أبي هريرة [حم ق ت هـ] عن أبي سعيد [هـ] عن ابن عمرو. أحكام الجنائز ص ٢٢٤ - ٢٢٥، الروض ٧١٣، الإرواء ٧٧٣، ٧٩٠، مختصر مسلم ٧٨٩.
"Tdk boleh syaddurrihal/safar dg maksud ibadah ke suatu tempat manapun kecuali ke 3 mesjid masjidilharom masjidinnabawi masjidil aqsho"

Kecuali ada maksud lain seperti menuntut ilmu (justru sangat dianjurkan safar ke tempat2 ilmu) lalu setiba di sana dia niat i'tikaf maka ini sangat baik

Jarak safar hukumnya kembali kepada urf/kebiasaan setempat, jika dulu pernah dianggap itu jarak safar di mana mereka berbekal ke sana maka kecanggihan teknologi transportasi shg bisa di tempuh dlm beberapa menit saja tdk bisa merubah hukum jarak safar.

Berikut fatwa syeikhunaa abu abdirrohman alhajuri hafidzahulloh

حكم شد الرحال للاعتكاف في مسجد ما (١)
Judul: Hukum safar dg maksud i'tikaf di suatu mesjid manapun

السؤال: رجل أتى من صنعاء أو عدن إلى هذا المسجد لغرض الاعتكاف لا غير .. هل يعتبر هذا من شد الرحال؟
Pertanyaan: seorang datang dari kota son'a ataupun kota aden ke mesjid ini (dammaj) dg tujuan i'tikaf bukan dg maksud lain...apakah ini terhitung syaddurrihal?

الإجابة: ينبغي أن ينوي طلب العلم، وسواء أتى من صنعاء أو من عدن، أو أبعد من ذلك، فإنه يؤجر على رحلته، والرحلة لطلب العلم فيها فضل عظيم، فإذا جاء لقصد طلب العلم إن شاء اعتكف وإن شاء لم يعتكف،
أما أن يرحل لا لغرض آخر إنما لقصد الاعتكاف فقط دون طلب العلم؛ فهذا أولًا غير مقبول، كل من جاء وقطن عندنا ينبغي أن يكون طالب علم، ثانيًا: هذه الرحلة لغير طلب العلم لمسجد من المساجد فيها نظر، لا تصلح إلى الثلاثة المساجد، وإنما الذين يأتون ما يأتون للمسجد يأتون ليدرسوا ويتعلموا فيؤجرون لنواياهم ورحلتهم.

Jawaban: sepantasnya dia meniatkan menuntut ilmu sama saja dia mau datang dari sona aden atau lebih jauh dari itu maka dia akan diberikan pahala atas rihlahnya. Dan rihlah untuk menuntut ilmu mempunyai keutamaan yang sangat besar. Jika dia datang dg maksud menuntut ilmu maka jika dia ingin i'tikaf silakan i'tikaf ataukah tidak.
Adapun dg tujuan i'tikaf semata. Pertama ini tdk bisa diterima karena siapa saja yang tinggal bersama kami dipersyaratkan pada nya dia adalah seorang penuntut ilmu.
Kedua rihlah/safar dg jarak seperti ini dg bukan tujuan menuntut ilmu ke mesjid mana pun tdk dibenarkan karena tidak boleh (syaddurrihal dg maksud ibadah) kecuali kepada 3 mesjid. Yang benar orang yang datang dari jauh ke suatu mesjid hendaknya dg tujuan/niat menuntut ilmu shg dia mendapatkan pahala atas niatnya dan pahala atas rihlahnya
____________________
(١) شذرات من أوائل دروس فضيلة الشيخ يحيى بن علي الحجوري حفظه الله تعالى.

Baarokalloh fiikum

[20:55 21/06/2016] ‪+62 852-4833-****:

 Jazaakalloohu khoiron, wa fiika barokallooh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar