Kamis, 23 Juni 2016

ibnu hazm, jahmiy?


[14:49 19/06/2016] ‪+62 823-3368-****:

Na'am ustadz. Ini pertanyaan titipan dari seorang ikhwan kita.

بسم الله. السلام عليكم.
عفوا. Antum bs tykan k asatidz atau syaikh yg antum kenal: apa benar ibnu hazm ad dzohiri punya pemahaman / aqidah jahmiyyah?

Barokallohu fikum.

[17:07 19/06/2016] أبوالمنذر مجاهد الأندونيس:

Syeikhul islam ibnu taimiyyah dalam kitabnya "dar'u ta'aarudh" juz 7 hal 263 dan "Majmu alfatawa" juz 4 hal 19 masih menganggapnya sebagai ahlussunnah walaupun dia tergelincir pada perkara menafikan sebagian sifat2 alloh subhanah wa taala.
Berikut cuplikannya:

قال ابن تيمية في درء التعارض: وهذا قول ابن حزم وأمثاله ممن وافقوا الجهمية على نفي الصفات وإن كانوا منتسبين إلى الحديث والسنة
ج٧ ص ٢٦٣

قال شيخ الاسلام في مجموع الفتاوي ٤/ ١٩
(وإن كان " أبو محمد بن حزم " في مسائل الإيمان والقدر أقوم من غيره وأعلم بالحديث وأكثر تعظيما له ولأهله من غيره لكن قد خالط من أقوال الفلاسفة والمعتزلة في مسائل الصفات ما صرفه عن موافقة أهل الحديث في معاني مذهبهم في ذلك فوافق هؤلاء في اللفظ وهؤلاء في المعنى).أ. ه

Berbeda ibnu abdil hadi rohimahulloh (di antara murid senior Syeikhul islam) sudah menghukuminya sebagai jahmi (jahmi jalad) Sebagaimana  dalam kitabnya "thobaqoot ulama alhadits" juz 3 hal 350 biografi tokoh 993
Berikut cuplikannya:

قال الإمام ابنُ عبدِ الهادي - رحمه الله - في " طبقات علماء الحديث " (٣/ ٣٥٠) [الترجمة ٩٩٣]:

" قلتُ: وقد طالعتُ أكثر كتابِ " المِلَل والنِّحَل " لابنِ حَزْمٍ، فرأيتُهُ قد ذكَرَ فيه عجائبَ كثيرةً، ونقولًا غريبةً، وهو يدُلُّ على قوَّةِ ذكاءِ مُؤَلِّفِهِ، وكثرةِ اطِّلَاعِهِ، لكن تبيَّن ليَ مِنهُ أنَّه جهميٌّ جَلِدٌ، لا يُثبتُ من معاني أسماء الله الحُسْنى إلا القليلَ؛ كالخالقِ، والحقِّ.
وسائر الأسماءِ عنده لا تدُلُّ على معنى أصلًا؛ كالرَّحيمِ، والعليمِ، والقديرِ، ونحوِها، بل العِلْمُ عنده هو القُدْرة، والقُدْرة هي العِلْمُ، وهما عينُ الذَاتِ، ولا يدُلُّ العِلْمُ على معنى زائد على الذَّاتِ المُجرَّدةِ أصلًا، وهذا عينُ السَّفْسَطةِ والمُكابَرة ... " إلخ ما قال - رحمه الله تعالى -.

Dari multaqo ahlil hadits 1 juz 77 hal 73 diskusi 98612
هل وصف أحد من أهل العلم الإمام ابن حزم بالجهمى فى باب الصفات؟

Faedah: tergelincirnya seorang pada suatu ucapan, perbuatan atau pendapat yang menyerupai ahlulbid'ah bukanlah argumen yang membolehkan kita serta merta mengeluarkan mereka dari jajaran ahlussunnah sampai ditegakkan padanya hujjah dan menjawab seluruh syubhat2nya sampai kebenaran jelas baginya seterang mentari siang bolong kemudian dia masih ngotot di atas kekeliruannya barulah setelah itu ulama ahli jarh wa ta'dil menjatuhkan jarh/vonis bid'ah padanya

Inilah alasan ulama ahlussunnah tdk mengeluarkan imam hafidz ibnu hajar, imam annawawi dsl dari jajaran ahlussunnah bersamaan dg kemasyhuran mereka dalam menta'wil sifat2 alloh subhanah wa taala.

Baarokalloh fiikum

[19:00 19/06/2016] ‪+62 823-3368-****:

Na'am ustadz. Faedah yg sangat bagus.
Nnt ana smpaikan k ikhwan tsb.

Wafikum barokallohu.

Jazakumullohu khoiro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar