Jumat, 24 Juni 2016

cerai, mahar dan pemberian?


[17:07 11/06/2016] ‪+62 823-3368-****: بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم

📩 الســـــــــؤال :-

تقول إحدى النساء إن زوجها يسيء معها العشرة، فيسبها ويسب والديها ويعنف،
Soal : seorang wanita memberitahukan bahwa suaminya buruk dalam memperlakukan nya, sampai sampai mencela nya dan juga orang tuanya dan juga berbuat kasar,

وهي حامل ويأمرها بقيادة السيارة وهي لا تستطيع ذلك، ثم تركها مدة تسعة أشهر وعقد على امرأة أخرى، وهذه المرأة باقية تحت هذا الرجل المذكور وكيف تتخلص منه ؟
Dalam keadaan dia mengandung, dan justru menyuruh dia untuk menyetir mobil, dan dia tidak mampu, kemudian dia meninggalkan nya selama sembilan bulan dan menikah dengan wanita lain, dan dia masih dalam tanggung jawab lelaki ini, bagaimana caranya agar ia bisa lepas darinya?

📝 الإجــــــــــــــــابة :-

إذا لم تستطع الصبر معه وكان الزوج كما ذكرت مسيئا كما ذكرت السائلة، فلها أن تطلب منه الطلاق، إذا كانت لا تتحمل ذلك،

Jika si wanita tidak mampu untuk bersabar bersamanya dan suaminya sebagaimana yang engkau sebutkan, buruk perilakunya, sebagaimana yang di katakan si Penanya (pr) maka dia boleh untuk minta cerai, jika ia memang tidak mampu menanggung beban tersebut,

فإن أبى فلها أن تتخلص منه بالخلع وتعيد له ماله، ويعقدون عقد خلعٍ وفسخٍ، يفسخون النكاح .
Dan jika si suami enggan, maka dia boleh untuk berlepas Diri dari nya dengan *khulú* dan mengembalikan seluruh hartanya, dan dan mereka membuat akad *khulú* dan *faskh*, mereka batalkan nikah nya.
_________________________
للاشتراك في قناة :-
فتاوى الشيخ الفقيه محمد بن حزام
على التلجرام :-  @ibnhezam
على الواتس اب :- 00967772778999


[17:08 11/06/2016] ‪+62 823-3368-****: 👆🏻👆🏻

Fatawa Asy Syaikh Muhammad Ibnu Hizam -hafidzohulloh-.

[10:08 12/06/2016] ‪+62 822-9235-****:

 فإن أبى فلها أن تتخلص منه بالخلع وتعيد له ماله، ويعقدون عقد خلعٍ وفسخٍ، يفسخون النكاح .
Dan jika si suami enggan, maka dia boleh untuk berlepas Diri dari nya dengan *khulú* dan mengembalikan seluruh hartanya, dan dan mereka membuat akad *khulú* dan *faskh*, mereka batalkan nikah nya.
~~~~

[10:09 12/06/2016] ‪+62 822-9235-****: Hartanya yang dimaksud maharnya saja atau semua harta pemberian lainnya?
[13:50 12/06/2016] ‪+62 823-3368-****: Yg dimaksud mahar sj akh. Wallohu'alam
[14:02 12/06/2016] ‪+62 823-3368-****: لَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِنْ طَلَّقْتُمُ النِّسَاءَ مَا لَمْ تَمَسُّوهُنَّ أَوْ تَفْرِضُوا لَهُنَّ فَرِيضَةً ۚ وَمَتِّعُوهُنَّ عَلَى الْمُوسِعِ قَدَرُهُ وَعَلَى الْمُقْتِرِ قَدَرُهُ مَتَاعًا بِالْمَعْرُوفِ ۖ حَقًّا عَلَى الْمُحْسِنِينَ

Tidak ada kewajiban membayar *(mahar)* atas kamu, jika kamu menceraikan isteri-isteri kamu sebelum kamu bercampur dengan mereka dan sebelum kamu menentukan maharnya. Dan hendaklah kamu berikan suatu mut'ah (pemberian) kepada mereka. Orang yang mampu menurut kemampuannya dan orang yang miskin menurut kemampuannya (pula), yaitu pemberian menurut yang patut. Yang demikian itu merupakan ketentuan bagi orang-orang yang berbuat kebajikan.
[14:03 12/06/2016] ‪+62 823-3368-****: وَإِنْ طَلَّقْتُمُوهُنَّ مِنْ قَبْلِ أَنْ تَمَسُّوهُنَّ وَقَدْ فَرَضْتُمْ لَهُنَّ فَرِيضَةً فَنِصْفُ مَا فَرَضْتُمْ إِلَّا أَنْ يَعْفُونَ أَوْ يَعْفُوَ الَّذِي بِيَدِهِ عُقْدَةُ النِّكَاحِ ۚ وَأَنْ تَعْفُوا أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۚ وَلَا تَنْسَوُا الْفَضْلَ بَيْنَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Jika kamu menceraikan isteri-isterimu sebelum kamu bercampur dengan mereka, padahal sesungguhnya kamu sudah menentukan *maharnya*, maka bayarlah seperdua dari *mahar* yang telah kamu tentukan itu, kecuali jika isteri-isterimu itu memaafkan atau dimaafkan oleh orang yang memegang ikatan nikah, dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada takwa. Dan janganlah kamu melupakan keutamaan di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat segala apa yang kamu kerjakan.

[14:03 12/06/2016] ‪+62 823-3368-****: Wallohu'alam
[14:42 12/06/2016] ‪+62 822-9235-****: Jazaakumulloohu khoiroo ya akhil karim


[15:02 12/06/2016] أبوالمنذر مجاهد الأندونيس:

Mahar saja

Sebagaimana yang terkandung dari fatwa syeikhunaa abu abdirrohman alhajuri hafidzahulloh taalaa berikut

تعلل المرأة بأن زوجها لا ينفق عليها تريد الخلع (١)

السؤال: هناك رجل لا يقوم بالنفقة الكافية على زوجته، فخرجت من عنده، وأبت أن ترجع معه، وتريد الخلع من أجل ذلك، فهل لها ذلك، علمًا بأن زوجها ينكر أن يكون مقصرًا في نفقتها؟

الإجابة: حتى ولو كان يسبغ عليها النفقة، وكانت كارهة للبقاء معه وتطلب الخلع، فإن ذلك الطلب يعتبر، والدليل على ذلك ما ثبت عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم أن امرأة ثابت بن قيس وقيل: هي المغالية وقيل غير ذلك، أتت النبي صلى الله عليه وآله وسلم وقالت: يا رسول الله! إني لا أعيب على ثابت دينًا ولا خلقًا، ولكن أكره الكفر في الإسلام، فقال: «أتردين عليه حديقته؟!» معنى ذلك: أنه أمهرها حديقة، فقالت: نعم. فأمر بفراقهما.
وجاء في الصحيح -حديث ابن عباس في الصحيح - أن النبي صلى الله عليه وآله وسلم قال: «اقبل الحديقة وطلقها تطليقة»، معناه: أنه يجب عليه أن يقبل الخلع إن طلبته كارهة البقاء معه، وإن لم يفارقها بعد عتوها ونفورها ومراد فراقها، لابد من حل شرعي، ولو عن طريق القاضي، وزيادة: «وطلقة تطليقة» إنما وصلها أزهر بن جميل والبخاري -رحمة الله عليه- يشير إلى عدم وصلها، وكأنه: انفرد بها أزهر بن جميل، والصحيح أن الخلع يعتبر فسخًا؛ لما جاء عن عثمان رضي الله عنه: أن امرأة أتته تطلب الخلع، أو تسأله هل عليها العدة، فقال: إنما أقضي فيها بقضاء رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم في المغالية، إذ قال النبي صلى الله عليه وآله وسلم لها: «إن كان حديث عهد بك فاعتدي بحيضة»، وهذا الحديث يقبل التحسين.. والحمد لله.

ويعاد المهر سواءً كان المهر كاملًا أو بعض المهر؛ لقول الله: ﴿فَلا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا فِيمَا افْتَدَتْ بِهْ﴾ [البقرة:٢٢٩]، فمن أهل العلم من استدل بهذه الآية على أنها لو زادته على المهر الذي أعطاها له أن يقبل، والصحيح أنه إنما يأخذ حقه، فالسنة مبينة ومفسرة للقرآن، لحديث: «تردين عليه حديقته»، وقد جاءت أحاديث وآثار في النهي عن الزيادة على المهر: ويستدل على ذلك أيضًا بقول الله تعالى: ﴿وَلا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ﴾ [البقرة:١٨٨] الآية.
وبحديث: «كل المسلم على المسلم حرام: دمه، وماله، وعرضه»،

وعليه فلا يجوز له أن يأخذ زيادة على المهر الذي أعطاها، وإنما يأخذ المهر الذي أعطاها، ولو قبل الخلع بأقل من المهر، فإن الخلع يتم بذلك.
Oleh karena itu maka tdk boleh dia mengambil lebih dari mahar dari segala pemberian2nya, jika dia merasa cukup dg sebagian mahar tsb maka khulu tetap terhitung sah

والشهود أمر مطلوب في هذا إذا كان الشهود في الرجعة، وفي مسائل من البيع والشراء، ففي الخلع من باب أولى، وإن كان النبي صلى الله عليه وآله وسلم لم يلزم تلك المرأة ولا ذلك الرجل بالشهود، لكن من باب التحري وسد ذرائع الفتن، وإدخالًا للخلع تحت عموم الفراق بالطلاق.. وبالله التوفيق.

____________________
(١) البيان في الأجوبة على أسئلة أهل ردفان، بتاريخ: ٢٢ محرم ١٤٢٣ه‍.. دماج-دار الحديث.

Afwan ana terjemah penggalan itu saja

Baarokalloh fikum

[15:03 12/06/2016] ‪+62 822-9235-****: Wafiikum baarokallooh
[17:49 12/06/2016] ‪+62 823-3368-****: Jazakumullohu khoiro ya ustadz.
[17:50 12/06/2016] ‪+62 823-3368-****: Wafikum barokalloh

[17:53 12/06/2016] ‪+62 822-9235-***: Pertanyaan buat ustadz abul mundzir mujahid hafidzhokallooh,lalu bagaimana jika ia khulu' mengembalikan mahar,rumah yang ia tinggali milik berdua antara suami dan istri siapa yg lebih berhak atas rumah tersebut?


[19:14 12/06/2016] أبوالمنذر مجاهد الأندونيس:

Maharnya rumah? Atau dari hasil kerja/harta mereka berdua?

[8:01 13/06/2016] أبوالمنذر مجاهد الأندونيس:

Rumah?

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاءَ فَطَلِّقُوهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ وَأَحْصُوا الْعِدَّةَ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ رَبَّكُمْ ۖ لَا تُخْرِجُوهُنَّ مِنْ بُيُوتِهِنَّ
[Surat At-Talaq 1]
Jika kamu mentalaq...jangan kamu keluarkan dari "rumah2 mereka"

Ini penamaan/identitas rumah saja rumah istri pertama.. kedua.. dst bukan berarti itu menjadi milik istri shg jika terjadi perceraian langsung menjadi hak milik istri sepenuhnya, tdk demikian.

sbgmn yang dipaparkan oleh imam alqurthubi dalam tafsirnya:
ليس للزوج أن يخرجها من مسكن النكاح ما دامت في العدة
فهو إضافة إسكان وليس إضافة تمليك
Tdk boleh suami mengeluarkannya dari tempat yang mereka disatukan oleh status pernikahan selama masih dalam masa iddah (talak1 dan 2)
Idhofah/penyadaran di sini adalah idhofah tempat tinggal istri bukan idhofah kepemilikan istri
Semisal
 (وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ
[Surat Al-Ahzab 33]
dan hendaklah kalian wahai istri2 nabi tetap di rumah2 kalian
(وَاذْكُرْنَ مَا يُتْلَىٰ فِي بُيُوتِكُنَّ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ وَالْحِكْمَةِ ۚ
[Surat Al-Ahzab 34]
Dan ingatlah wahai istri 2 nabi apa yang dibacakan di rumah2 kalian dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah nabimu).
Selesai penukilan tafsir qurthubi attalaq:1.

Kalau seperti ini halnya maka rumah tetap milik suami karena yang dia berikan kepada istrinya hanyalah manfaat rumah itu (untuk dia tinggali) bukan barangnya. Kecuali dia pernah menyatakan dan meniatkannya sebagai pemberian atau hadiah maka tdk boleh dia mengambilnya kembali.

Alloh a'lam
Baarokalloh fiikum

[8:05 13/06/2016] ‪+62 822-9235-****: Jazakumullohu khoiro wa fikum barokallohu ustadz hayyakumulloh.

[8:16 13/06/2016] أبوالمنذر مجاهد الأندونيس:

Andaikata ana boleh memberi nasihat maka ana menasihati diri ana dan segenap ikhwah yang mana mereka semua dekat di hati ana untuk menyibukkan diri dg alquran baik membaca sambil mentadabburinya atau sampai menghafalkannya karena bahkan sebagian salaf rohimahumulloh meninggalkan menyampaikan hadits dan menyibukkan diri dg alquran di bulan ramadhon

Allohulmustaan
Jazaakumulloh khoir

[10:28 13/06/2016] ‪+62 852-4350-****:
Jazakallohu khoiroo ustad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar