Sabtu, 09 Januari 2016

ibrohim:"ini tuhanku?"


[18:00 03/01/2016] Abu Jabir Pkl: باسم اللّٰه
Tanya ustazd,
apakah benar dulu nabi ibrohim sebelum jadi nabi mencari Tuhan?
Dan tlg jelaskan firman Alloh ta'ala
فلماجن عليه الليل را كوكبا قال هذا ربي ??

[11:30 04/01/2016] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي:
Y ana ketahui beliau alahi sholah wa salaam adalah pemimpin para muwahhid/ahlu tauhid

Tdk boleh dikatakan dia ragu sedikit pun akan tuhannya

Beliau mengatakan :"ini tuhanku?" Adalah kalimat tanya pengingkaran artinya apakah pantas tuhan saya seperti ini?

Beliau ucapkan kalimat2 tersebut untuk membantah kalangan musyrikin penyembah matahari bulan dst dan ini adalah salah satu metode debat

Baarokalloh fiikum

[11:34 04/01/2016] Abu Jabir Pkl: Jazakumullohu khoiron

[12:14 04/01/2016] C Hidayat: Afwan ustadz, benarkah jk ada yg mengatakan dahulu nabi ibrohim melakukan "pencarian Tuhan" dari mulai pohon, matahari, sampai akhirnya menemukan Alloh?

[17:07 04/01/2016] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Pencarian tuhan?

Mencari alloh dalam artian ibrohim ingin melihat robbnya untuk menambah keyakinan di atas keyakinannya terhadab robbnya mungkin "agak longgar" sbgmn permintaan musa alaihi sholah wa salaam ingin melihat robbnya akan tetapi mustahil dalam kehidupan dunia krn lemahnya manusia dan pada hari kiamat alloh memberi kekuatan shg kita insyaalloh bisa memandangnya dg penuh kenikmatan. (kecuali dlm mimpi di dunia, mungkin!)

(وَلَمَّا جَاءَ مُوسَىٰ لِمِيقَاتِنَا وَكَلَّمَهُ رَبُّهُ قَالَ رَبِّ أَرِنِي أَنْظُرْ إِلَيْكَ ۚ قَالَ لَنْ تَرَانِي
 Dan tatkala Musa datang untuk (munajat kpd Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: "Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau". Tuhan berfirman: "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku
[Surat Al-A'raf 143]

(وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ أَرِنِي كَيْفَ تُحْيِي الْمَوْتَىٰ ۖ قَالَ أَوَلَمْ تُؤْمِنْ ۖ قَالَ بَلَىٰ وَلَٰكِنْ لِيَطْمَئِنَّ قَلْبِي ۖ
Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati". Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu?" Ibrahim menjawab: "Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku)
[Surat Al-Baqarah 260]

Adapun pencarian y di dasari keraguaan maka ini sangatlah tdk pantas bagi sosok ibrohim alaih sholah wa salaam krn org musyrikin saja meyakini bahkan berdoa kepada alloh dlm kesempitan

(فَإِذَا رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ)
Maka apabila mereka naik kapal (krn takut tenggelam) mereka mendoa kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya; maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)
[Surat Al-Ankabut 65]

Alloh a'lam zaadakumulloh hirshon wa ilman nafi'an wa baaroka fiikum
[6:55 08/01/2016] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Afwan aba ibrohim ana jawab di grup saja
ُ
9:15 06/01/2016] ابو ابراهيم: ustadz , itu ada tanggapan dr ikhwan dr tulisan antm ttg pencarian tuhan,
mohon bimbingan dr antm , jazakumulloh khoiro

[9:15 06/01/2016] ابو ابراهيم: بسم الله الرحمن الرحيم
قال ابن كثير رحمه الله

وقد ثبت في الصحيحين عن ابي هريرة رضي الله عنه عن رسو ل الله صلى الله عليه و سلم أنه قال كل مولود يولد علي الفطرة. .و في صحيح مسلم رحمه الله عياض بن حماد رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم  قال : قال الله إني خلقت عبادي حنفاء  وقال الله في كتاب العزيز  ( فطرت الله التي فطر الناس عليها لا تبديل لخلق الله) ...............أنه كان في هذا المقام مناظرا لقومه فيما كانوا فيه من الشرك لا ناظرا قوله تعا لي:  وحاجه قومه.......

ana tidak / blm menemukan kalam ibnu katsir rohimahullooh yang menunjukan  tentg "pencarian tuhan" , yg ana pahami malah nabi ibrohim 'alaih ashsholaatu wa assalaam mendebat kaumnya  yg menyembah selain Allooh ta'aalaa , krn klmt ..."pencarian tuhan" menunjukkan bahwa nabi ibrohim'alaih ashsholaatu wa assalaam belum ngerti tentang robbnya, lalu bagai
mana ia mendebat tanpa ilmu?? ini ana rasa aneh!!, yg lebih tepat sbgmn kata ibn katsir rohimahullooh .....

هذا المقام مناظرا لقومه فيما كانوا من الشرك لا ناظرا....

[9:18 06/01/2016] ابو ابراهيم: Juga ini :
yg terasa janggal dn ana tanyakan adalah kalimat...( kecuali dlm mimpi didunia,  mungkin, ) ....padahal sblumnya dikatakan mustahil, lalu apa landasan ucapan ...kecuali didunia, mungkin ?
Titik selesai.

Pencerahan:
1. Kesepakatan ulama akan memungkinkannya melihat alloh dalam mimpi di dunia
الإجابة: رؤية الله في المنام جائزة قال النووي رحمه الله في شرح كتاب الرؤيا من صحيح مسلم:
قال القاضي عياض: واتفق العلماء على جواز رؤية الله تعالى في المنام.
Melihat alloh dalam mimpi boleh/memungkinkan sebagaimana yang dipaparkan annawawi rohimahulloh dlm syarh kitab ru'ya/mimpi dlm shohih muslim: berkata qhodi iyadh:
"ulama bersepakat akan boleh/memungkinkannya melihat alloh dalam mimpi.

2. Dalil akan tdk memungkinkannya melihat alloh dlm keadaan terjaga/tersadar/tdk tidur
فالحديث: «إنكم لن تروا ربكم حتى تموتوا» بهذا اللفظ أخرجه أبو داود رقم (4322)، وابن ماجة (ج2ص1359)، وصححه الألباني في صحيح الجامع. عن أبي أمامة.
"Sungguh kalian tidak mungkin melihat robb kalian kecuali setelah kalian meninggal."

3. Sepertinya akh tdk kurang mencermati jawaban tsb y kesimpulannya adalah

Satu: ibrohim alaih sholah wa salam mendebat musyrikin dan mengatakan ini tuhanku? Apakah pantas tuhan saya seperti ini (tenggelam di waktu senja)? Bukan beliau alaih salam mencari tuhannya, apalagi dikatakan ragu sehingga mencarinya?

Dua: anggaplah beliau alaih sholat wa salam mencarinya, maka dikatakan keinginannya untuk berjumpa dg robbnya sbgmn musa alaih sholat wa salam untuk menambah keyakinan di atas keyakinannya (bukan menambah keyakinan di atas keraguaannya). ini ana sebut "agak longgar" tdk perlu ngotot terhadap pendapat lawan debat.

tiga: ingin berjumpa y didasari ragu akan robbnya sangat tdk pantas untuk disandarkan kepada pemimpin muwahhidin dg dua jawaban:

Pertama jika dia dituduh ragu maka kita semua lebih berhak untuk tertuduh akan keraguan terhadap keberadaan robb kita sebagaimana yang disabdakan oleh rosululloh shollolloh alaihi wa sallam dari hadits abi huroiroh rwyt bukhori 4537)

Kedua org musyrikin saja yakin akan keberadaan robbnya dan dlm kesempitan mereka berdoa kpdnya (alankabut65)

semoga tdk mendung lagi yah, cerah insyaalloh (kalau toh hujan alhamdulillah semua rahmat dari alloh subhana wa taalaa)

Baarokalloh fiikum


[7:51 09/01/2016] ابو ابراهيم: أرجو زيادة العلم :
antara kesepakatan'ulama rohimahumullooh bahwa Allooh yg maha mulia dan tinggi bisa dilihat dalam mimpi apa tidak bertolak belakang dg sabda nabi 'alahi ashsholaatu wa assalaam;
إنكم لن تروا ربكم حتى تموتوا

 جزاك الله خيرا

[8:53 09/01/2016] ابو ابراهيم: Ini titipan prrtanyaan lanjutan dr ikhwan kmrn

[10:09 10/01/2016] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي:
Semoga fatwa syeikhunaa abu abdirrohman hafidzahulloh bisa membuka seberkas cahaya untuk kita dlm masalah y lebih spesifik ini


عنوان الفتوى: القول الراجح في إمكان رؤية الله تعالى في المنام(1)
Judul fatwa: pendapat y rojih/kuat akan memungkinkannya melihat alloh taa'la dalam tidur/mimpi

السؤال: ما هو القول الراجح في رؤية الله تعالى في المنام؟ وهل ثبت ذلك عن الإمام أحمد رحمه الله تعالى أنه رأى الله في المنام؟
Pertanyaan:"apa pendapat yang benar/kuat akan melihat alloh ta'ala dalam mimpi? Apakah benar penukilannya dari imam ahmad rohimahulloh bahwa beliau melihat alloh dalam mimpi?

الإجابة: رؤية الله في المنام جائزة قال النووي رحمه الله في شرح كتاب الرؤيا من صحيح مسلم:
قال القاضي عياض: واتفق العلماء على جواز رؤية الله تعالى في المنام.
وقال البغوي في شرح السنة: باب تأويل رؤية النبي صلى الله عليه وآله وسلم في المنام. قال: رؤية الله في المنام جائزة. جاء عن معاذ عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم: «رأيت ربي في أحسن صورة»(2)، وهو حديث فيه اضطراب، لكن هذا ممكن، ومشهور أن الإمام أحمد رأى ربه في المنام.
وبما أن جماهير أهل العلم قالوا بذلك
يبقى الحديث الذي في صحيح مسلم: «تعلموا أنه لن يرى أحد منكم ربه عز وجل حتى يموت»(3)، الذي تطمئن إليه النفس أنه لا يرى الله عز وجل في الدنيا كما يرى في الآخرة، ولا تتحقق أعني في المنام، أما في اليقظة فلا خلاف عند أهل العلم أن الله لا يرى في الدنيا، واختلفوا في رؤية النبي صلى الله عليه وآله وسلم لربه، منهم من قال: يقظة، ومنهم من قال: منامًا.
قال ابن كثير في تفسير قول الله تعالى: ﴿مَا كَانَ لِيَ مِنْ عِلْمٍ بِالمَلَإِ الأَعْلَى إِذْ يَخْتَصِمُونَ﴾; [ص:69]. بعد أن ذكر حديث معاذ المذكور آنفًا، قال: فهو حديث المنام المشهور ومن جعله يقظة فقد غلط. اه‍
وأما غير النبي صلى الله عليه وآله وسلم فإن قلنا بقول جماهير أهل العلم فيضاف إلى ذلك أن هذه الرؤية التي يراها الإنسان لا يستطيع أن يصف الله بها، بينما رؤية الإنسان لربه يوم القيامة يستطيع أن يصف الله بها، فيرى الساق، وينظر إلى وجه ربه، ويرون الله تبارك وتعالى، ويستطيعون أن يصفوا الله عز وجل، أما هذه الرؤية فليست كرؤية الآخرة، فالحديث: «إنكم لن تروا ربكم حتى تموتوا»(4) أي: ليست كتلك الرؤية، وأن جماهير أهل العلم يقولون برؤية الله تقدس اسمه، وقد رآه بعض الأئمة وهم عدول وأقوالهم معتبرة، وهم موثوقون، فيكون التأويل على ما سبق.
فإن قيل: النوم موت أصغر؛ لحديث حذيفة بن اليمان أن النبي صلى الله عليه وآله وسلم كان إذا استيقظ من نومه قال: «الحمد لله الذي أحيانا بعد ما أماتنا، وإليه النشور»(5). والله عز وجل يقول: ﴿وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِالليْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ﴾; [الأنعام:60]. وعلى هذا فيقال: إن حديث: «لن تروا ربكم حتى تموتوا» شامل للموت الأكبر، وهو فراق الروح للجسد، والأصغر وهو النوم، قلنا: إدخال النوم في هذا الحديث فيه نظر واضح فليس كل نائم من المؤمنين يرى ربه، ولكن يوم القيامة كل مؤمن يرى ربه ففي الحديث دلالة على ما هو في سياقه وهو الموت الأكبر؛ والله أعلم.

Jawaban:
Melihat alloh dalam mimpi boleh/memungkinkan sebagaimana yang dipaparkan annawawi rohimahulloh dlm syarh kitab ru'ya/mimpi dlm shohih muslim: berkata qhodi iyadh:
"ulama bersepakat akan boleh/memungkinkannya melihat alloh dalam mimpi.

Dan imam albagowi rohimahulloh dalam syarhussunnah berkata bab meluruskan pemahaman(tawil) akan rosululloh shollolloh alaih wa sallam melihat alloh dalam mimpi. Beliau berkata melihat alloh dalam mimpi adalah perkara yang boleh/mungkin.

Diriwayatkan dari mu'adz dari nabi kita shollolloh alaihi wa sallam bersabda "saya melihat robbku dg seindah2 rupa". Hadits (lemah) padanya ada idhthirob. Akan tetapi hal tersebut adalah hal yang memungkinkan dan masyhur dari imam ahmad bahwa beliau melihat robbnya dalam mimpi. Dan jumhur ulama juga berpendapat demikian.

tinggal hadits dalam shohih muslim "tahukah kalian bahwasanya tidak lah mungkin seorang pun dari kalian bisa melihat robbnya azza wa jalla sampai dia meninggal".

Hati tenang dg pendapat yang menyatakan bahwa alloh azza wa jalla tdk mungkin dilihat di dunia sebagaimana dia dilihat pada hari akhirat. Tdk masuk dlm hadits tsb melihat alloh dlm mimpi.

Adapun dlm keadaan tersadar/terbangun tdk ada perbedaan pendapat di sisi para ulama bahwa alloh tdk mungkin dilihat di dunia.

Dan mereka berbeda pandangan akan perjumpaan nabi shollolloh alaih wa sallam melihat robbnya. Sebagian mengatakan dlm keadaan tersadar, sebagian lagi mengatakan dalam keadaan bermimpi/tidur.

Ibnu katsir menyebutkan dlm tafsir QS.SHOD:69 setelah menyebutkan hadits mu'adz tadi beliau berkata itu adalah hadits ttg mimpi yang masyhur dan siapa yang menyatakan terbangun maka sungguh dia telah keliru.

Adapun selain nabi shollolloh alaihi wa sallam jika kita pegang pendapat jumhur ulama maka dirinci bahwa penglihatan (lewat mimpi di dunia) tsb manusia tdk bisa menggambarkan sifat alloh. Berbeda dengan penglihatan manusia kepada robbnya pada hari kiamat dia bisa menggambarkan sifat robbnya ketika melihat kaki, wajah alloh subhanah wa ta'ala. Maka melihat alloh dlm mimpi tdk sama melihatnya pada hari kiamat.
Maka hadits "kalian tdk mungkin melihat robb kalian sampai kalian meninggal dunia" tdk masuk dalam hadits tsb melihat (dlm mimpi). Dan jumhur ulama berpendapat (mungkinnya) melihat alloh (dlm mimpi), maha suci nama2nya. Dan sebagian ulama telah melihat alloh (lewat mimpi) sementara mereka semua adil terpercaya dan didengar ucapan2nya. Maka rinciannya sebagaimana y kita uraikan di atas.

Jika dikatakan (bukannya) tidur adalah mati kecil berdasarkan hadits hudzaifah ibnul yamaan bahwasanya rosululloh shollolloh alaih wa sallam apabila bangun dari tidurnya membaca doa:"segala puji bagi alloh yang telah menghidupkan kita setelah kematian(tidur) dan hanya kepadanya lah kita akan dibangkitkan" dan alloh subhanah berfirman

وَهُوَ الَّذِي يَتَوَفَّاكُمْ بِاللَّيْلِ وَيَعْلَمُ مَا جَرَحْتُمْ بِالنَّهَارِ ثُمَّ يَبْعَثُكُمْ فِيهِ لِيُقْضَىٰ أَجَلٌ مُسَمًّى ۖ ثُمَّ إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan di siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umur(mu) yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah-lah kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang dahulu kamu kerjakan.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwasanya hadits "kalian tdk mungkin melihat robb kalian sampai kalian meninggal dunia"
Mencakup kematian hakiki (besar) yaitu berpisahnya roh dg jasad dan mencakup mati kecil yaitu tidur?

Kita jawab bahwasanya memasukkan tidur dlm hadits jelas tdk bisa diterima karena tdk semua org mumin y tidur melihat robbnya akan tetapi pada hari kiamat setiap mukmin melihat robbnya maka dalam hadits tsb dilihat dari siyaq/konteksnya terdapat dalil akan kematian hakiki (tidur/mati kecil tdk ditunjukkan oleh siyaq konteks hadits).
----------------------
(1) الأجوبة الدرر على أسئلة لودر، بتاريخ: الإثنين 16 شوال 1422ه‍.. دماج - دار الحديث.
(2) أخرجه ابن أبي عاصم في السنة (ج1ص397)، والحاكم في المستدرك (ج1رقم 1964) تحقيق العلامة الوادعي. وأعله الدارقطني وغيره بالاضطراب.. العلل (ج6ص54).
(3) رواه مسلم عن ابن عمر في كتاب الفتن. باب: ذكر ابن صياد. رقم (169).
(4) بهذا اللفظ أخرجه أبو داود رقم (4322)، وابن ماجة (ج2ص1359)، وصححه الألباني في صحيح الجامع. عن أبي أمامة.
(5) رواه مسلم رقم (2712).

Baarokalloh fiikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar