Senin, 09 Februari 2015

ahlulkitab vs nashoro?


[4:59 08/02/2015] Abdullah Ismet: Bismillah
Ustadz
 Bagaimana menggandengkam
 Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu” [al-Maidah/5: 5]

 “Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman” [al-Baqarah/2 : 221]

Lantas apakah ahlu kitab bukan musyrik atau bagaimana ustadz?
Sebenarnya apa sih yg dimaksud ahlu kitab ini?

[5:53 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Sebagaimana y disebutkan syeikhul islam dlm majmu fatawa bahwa sebagaimana yang mengaku/ menisbahkan diri ke islam mereka ada y menyekutukan alloh subhanah demikian juga halnya nashoro seperti penyembah yesus sehingga mereka semua tidak halal sembelihannya

Tanda tanya besar: Adakah di Indonesia mereka yang tidak menyembah yesus? Untuk lebih waspada dg sembelihan mereka

Alloh subhanah berfirman
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۖ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ ۖ إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

Sesungguhnya telah kafirlah (musyrik/menyekutukan alloh) orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ ۘ وَمَا مِنْ إِلَٰهٍ إِلَّا إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۚ وَإِنْ لَمْ يَنْتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Sesungguhnya kafirlah(musyrik/menyekutukan alloh) orang orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.

مَا الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ وَأُمُّهُ صِدِّيقَةٌ ۖ كَانَا يَأْكُلَانِ الطَّعَامَ ۗ انْظُرْ كَيْفَ نُبَيِّنُ لَهُمُ الْآيَاتِ ثُمَّ انْظُرْ أَنَّىٰ يُؤْفَكُونَ

Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu).

Ahlu kitab yang dimaksudkan boleh dimakan sembelihannya yang masih berpegang dengan ajaran isa alaihi sholatu wa salaam di antara mereka ada yang tidak memakan babi wanitanya berhijab dsb, bersamaan dg itu mereka tetap kafir jika mengetahui Muhammad alaihi sholatu wa salaam telah diutus lalu mereka tidak beriman krn hal ini terdapat dalam kitab mereka sbgmn sabda rasulullah shollolloh alahi wa sallam

 أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَا يَسْمَعُ بِي أَحَدٌ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ يَهُودِيٌّ، وَلَا نَصْرَانِيٌّ، ثُمَّ يَمُوتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِي أُرْسِلْتُ بِهِ، إِلَّا كَانَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ» رواه مسلم

Ini diantara dalil yang digunakan oleh ahlil ilmi dalam membedakan makna kufur dan syirik

Baarokalloh fikum

[6:12 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Mari menyelam dalam lautan faedah syeikhul islam rohimahulloh majmu fatawa jilid 14 halaman 91 dst

سُئِلَ شَيْخُ الْإِسْلَامِ:
عَنْ قَوْله تَعَالَى {وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ} وَقَدْ أَبَاحَ الْعُلَمَاءُ التَّزْوِيجَ بالنصرانية وَالْيَهُودِيَّةِ؛ فَهَلْ هُمَا مِنْ الْمُشْرِكِينَ أَمْ لَا؟ .
فَأَجَابَ:
الْحَمْدُ لِلَّهِ، نِكَاحُ الْكِتَابِيَّةِ جَائِزٌ بِالْآيَةِ الَّتِي فِي الْمَائِدَةِ قَالَ تَعَالَى: {وَطَعَامُ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حِلٌّ لَكُمْ وَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَهُمْ وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ.} وَهَذَا مَذْهَبُ جَمَاهِيرِ السَّلَفِ وَالْخَلَفِ مِنْ الْأَئِمَّةِ الْأَرْبَعَةِ وَغَيْرِهِمْ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ ابْنِ عُمَرَ: أَنَّهُ كَرِهَ نِكَاحَ النَّصْرَانِيَّةِ وَقَالَ: لَا أَعْلَمُ شِرْكًا أَعْظَمَ مِمَّنْ تَقُولُ: إنَّ رَبَّهَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ. وَهُوَ الْيَوْمُ مَذْهَبُ طَائِفَةٍ مِنْ أَهْلِ الْبِدَعِ وَقَدْ احْتَجُّوا بِالْآيَةِ الَّتِي فِي سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَبِقَوْلِهِ {وَلَا تُمْسِكُوا بِعِصَمِ الْكَوَافِرِ} وَالْجَوَابُ عَنْ آيَةِ الْبَقَرَةِ مِنْ ثَلَاثَةِ أَوْجُهٍ. (أَحَدُهَا أَنَّ أَهْلَ الْكِتَابِ لَمْ يَدْخُلُوا فِي الْمُشْرِكِينَ فَجَعَلَ أَهْلَ الْكِتَابِ غَيْرَ الْمُشْرِكِينَ بِدَلِيلِ قَوْلِهِ:
{إنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالصَّابِئِينَ وَالنَّصَارَى وَالْمَجُوسَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا} . فَإِنْ قِيلَ: فَقَدْ وَصَفَهُمْ بِالشِّرْكِ بِقَوْلِهِ: {اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إلَّا لِيَعْبُدُوا إلَهًا وَاحِدًا لَا إلَهَ إلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ} قِيلَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَيْسَ فِي أَصْلِ دِينِهِمْ شِرْكٌ؛ فَإِنَّ اللَّهَ إنَّمَا بَعَثَ الرُّسُلَ بِالتَّوْحِيدِ فَكُلُّ مَنْ آمَنَ بِالرُّسُلِ وَالْكُتُبِ لَمْ يَكُنْ فِي أَصْلِ دِينِهِمْ شِرْكٌ؛ وَلَكِنَّ النَّصَارَى ابْتَدَعُوا الشِّرْكَ كَمَا قَالَ: {سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ} فَحَيْثُ وَصَفَهُمْ بِأَنَّهُمْ أَشْرَكُوا فَلِأَجْلِ مَا ابْتَدَعُوهُ مِنْ الشِّرْكِ الَّذِي لَمْ يَأْمُرْ اللَّهُ بِهِ وَحَيْثُ مَيَّزَهُمْ عَنْ الْمُشْرِكِينَ فَلِأَنَّ أَصْلَ دِينِهِمْ اتِّبَاعُ الْكُتُبِ الْمُنَزَّلَةِ الَّتِي جَاءَتْ بِالتَّوْحِيدِ لَا بِالشِّرْكِ. فَإِذَا قِيلَ: أَهْلُ الْكِتَابِ لَمْ يَكُونُوا مِنْ هَذِهِ الْجِهَةِ مُشْرِكِينَ؛ فَإِنَّ الْكِتَابَ الَّذِي أُضِيفُوا إلَيْهِ لَا شِرْكَ فِيهِ كَمَا إذَا قِيلَ: الْمُسْلِمُونَ وَأُمَّةُ مُحَمَّدٍ لَمْ يَكُنْ فِيهِمْ مِنْ هَذِهِ الْجِهَةِ لَا اتِّحَادٌ وَلَا رَفْضٌ وَلَا تَكْذِيبٌ بِالْقَدَرِ وَلَا غَيْرُ ذَلِكَ مِنْ الْبِدَعِ وَإِنْ كَانَ بَعْضُ الدَّاخِلِينَ فِي الْأُمَّةِ قَدْ ابْتَدَعَ هَذِهِ الْبِدَعَ؛ لَكِنَّ أُمَّةَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَجْتَمِعُ عَلَى ضَلَالَةٍ فَلَا يَزَالُ فِيهَا مَنْ هُوَ مُتْبِعٌ لِشَرِيعَةِ التَّوْحِيدِ؛ بِخِلَافِ أَهْلِ الْكِتَابِ وَلَمْ يُخْبِرْ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَنْ أَهْلِ الْكِتَابِ أَنَّهُمْ مُشْرِكُونَ بِالِاسْمِ؛ بَلْ قَالَ: عَمَّا يُشْرِكُونَ بِالْفِعْلِ وَآيَةُ الْبَقَرَةِ قَالَ فِيهَا:
 الْمُشْرِكِينَ والْمُشْرِكَاتِ بِالِاسْمِ وَالِاسْمُ أَوْكَدُ مِنْ الْفِعْلِ.
الْوَجْهُ الثَّانِي أَنْ يُقَالَ: إنْ شَمَلَهُمْ لَفْظُ (الْمُشْرِكِينَ) فِي سُورَةِ الْبَقَرَةِ كَمَا وَصَفَهُمْ بِالشِّرْكِ فَهَذَا مُتَوَجَّهٌ بِأَنْ يُفَرِّقَ بَيْنَ دَلَالَةِ اللَّفْظِ مُفْرَدًا وَمَقْرُونًا فَإِذَا أُفْرِدُوا دَخَلَ فِيهِمْ أَهْلُ الْكِتَابِ وَإِذَا قُرِنُوا بِأَهْلِ الْكِتَابِ لَمْ يَدْخُلُوا فِيهِمْ كَمَا قِيلَ: مِثْلُ هَذَا فِي اسْمِ الْفَقِيرِ وَالْمِسْكِينِ وَنَحْوِ ذَلِكَ فَعَلَى هَذَا يُقَالُ: آيَةُ الْبَقَرَةِ عَامَّةٌ وَتِلْكَ خَاصَّةٌ وَالْخَاصُّ يُقَدَّمُ عَلَى الْعَامِّ. (الْوَجْهُ الثَّالِثُ أَنْ يُقَالَ: آيَةُ الْمَائِدَةِ نَاسِخَةٌ لِآيَةِ الْبَقَرَةِ لِأَنَّ الْمَائِدَةَ نَزَلَتْ بَعْدَ الْبَقَرَةِ بِاتِّفَاقِ الْعُلَمَاءِ وَقَدْ جَاءَ فِي الْحَدِيثِ الْمَائِدَة مِنْ. . . (١)
[تعليق مُعِدّ الكتاب للشاملة]
(١) آخِرُ مَا وُجِدَ مِنَ الْأَصْلِ

 baarokalloh fiikum

[6:46 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Memadukan ayat yang disangka tidak sejalan
Albaqoroh 221 = almaidah 5
Dg tiga jawaban dari syeikhul islam rohimahulloh

Pertama ahlu kitab asalnya bukan musyrik dg dalil alloh subhanah telah membedakan dalam alhajj:17

Ahlulkitab asalnya mentauhidkan alloh subhanah sbgmn yang diajarkan isa alahi sholatu wa salaam akan tetapi nashoro lah yang membuat2 kesyirikan sebagaimana yang dilakukan sebagian ummat muhammad alaihi sholatu wa salaam

Taurat dan injil dan seluruh kitab munazzalah mengajak kepada tauhid

Kedua albaqoroh umum (pelaku kesyirikan baik itu dulunya berasal dari ahli kitab ataupun selainnya) dan almaidah khusus maka yang khusus dikedepankan daripada yang umum sbgmn dalam kaidah ushul dan tafsir

Ketiga atau dikatakan ayat almaidah belakangan turun shg menasekh/menghapus hukum ayat albaqoroh

Baarokalloh fiikum

[6:59 08/02/2015] C Hidayat: Bismillah afwan ustadz, saat ini masih adakah ahlul kitab sbgmn yg dimaksud dlm al quran? Sedangkan yg ada sdh syirik dan tdk bertauhid. Menyebut nama Alloh pun tdk dlm menyembelih dan doa mrk. Kitabnya pun sdh yg direkayasa bkn taurot dan injil yg asli.
[7:00 08/02/2015] C Hidayat: Dan masih bolehkah makan sembelihan mereka saat ini dan nikah dengan perempuan mereka?

[7:13 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Syeikhunaa abu abdirrohman alhajury hafidzahulloh pernah mengisyaratkan bahwa mereka ada di sebagian pelosok Amerika atau afrika

Adapun jika sdh musyrik seperti kebanyakannya/semuanya yang ada di Indonesia, apanya lagi yang mau dimakan dan dinikahi

telah lewat ucapan syeikhul islam di atas: "saya tidak mengetahui kesyirikan yang lebih besar daripada orang yang mengatakan tuhan kami adalah isa putra maryam"

Allohulmusta'an

[7:15 08/02/2015] C Hidayat: Naam jazakumulloh khoir ustadz

[7:17 08/02/2015] C Hidayat: Soalnya ada dr surury yg masih bersikukuh halal nikah dng kaum nashoro atau yahudi.

[7:18 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Di afrika mungkin maksudnya
[7:19 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Allohmustaan
[7:21 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Sampaikan salam dan bantahan syeikhul islam insyaalloh mereka...
Baarokalloh fiikum

[7:22 08/02/2015] C Hidayat: Bkn, dia mengartikan scr umum ahlul kitab adalah semua yahudi dan nasrani berarti halal nikah dng mereka sesuai quran. Makanya ana juga sempat berbantahan dngnya.

[7:23 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Apakah mereka mengharamkan nikah dg musyrikat yang mengaku islam?

[7:25 08/02/2015] C Hidayat: Naam yg mutlak menurutnya musyrik itu spt umat budha atau hindu

[7:26 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Muslim ktp penyembah kubur mereka membolehkan dinikahi juga?

[7:28 08/02/2015] C Hidayat: Allohualam ana hanya sempat berbantahan utk kasus ahlul kitab sj. Tp dr yg ana tahu mereka sgt takut utk menerapkan qoidah takfir walau utk kasus yg sdh jelas spt itu.

[7:32 08/02/2015] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي: Bukannya mereka juga sering menukil ucapan2 syeikhul islam? Kalo demikian kasi aja referensi tadi baarokalloh fiikum

[7:39 08/02/2015] C Hidayat: Naam ustadz wa barokallohu fiikum

[18:19 08/02/2015] Abdullah Ismet: Jazakallahu khoir jawabannya.ustadz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar