Sabtu, 09 April 2016

khuthbah jum'at, ringkas?


[6:02 10/04/2016] Almunjary33:

Ada titipan pertanyaan dari abu idris banyuwangi
Berkenaan dengan hadits berikut

«2046» حَدَّثَنِي سُرَيْجُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبْجَرَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَاصِلِ بْنِ حَيَّانَ قَالَ: قَالَ أَبُو وَائِلٍ خَطَبَنَا عَمَّارٌ فَأَوْجَزَ وَأَبْلَغَ فَلَمَّا نَزَلَ قُلْنَا يَا أَبَا الْيَقْظَانِ لَقَدْ أَبْلَغْتَ وَأَوْجَزْتَ فَلَوْ كُنْتَ تَنَفَّسْتَ. فَقَالَ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ((إِنَّ طُولَ صَلاَةِ الرَّجُلِ وَقِصَرَ خُطْبَتِهِ مَئِنَّةٌ مِنْ فِقْهِهِ فَأَطِيلُوا الصَّلاَةَ وَاقْصُرُوا الْخُطْبَةَ وَإِنَّ مِنَ الْبَيَانِ سِحْرًا)).

Pertanyaannya ,jika sholat jum'at membaca سورة الأعلى pada rokaat pertama dan membaca سورة الغاشية pada rakaat kedua, yang kemungkinan waktu untuk menjalankan sholatnya 15-20 menit,apakah boleh khutbah jum'at nya lebih panjang dari sholatnya?


[7:07 10/04/2016] أبوالمنذر مجاهد اﻻندونيسي:

Naam

Berikut fatwa syeikhunaa abu abdirrahman yahya bin ali alhajuri hafidzahulloh dalam "alkanz atstamin"

عنوان الفتوى: حكم تقصير الخطبة وإطالة الصلاة يوم الجمعة(1)

Judul fatwa: hukum menyederhanakan khuthbah dan memanjangkan sholat?

السؤال: إطالة الصلاة وقصر الخطبة يوم الجمعة سنة مهجورة؟

Memanjangkan sholat dan menyingkat khuthbah pada hari jumat apakah termasuk sunnah yang terabaikan?

الإجابة: هذه علامة على فقهه؛ قال صلى الله عليه وآله وسلم: «إن طول صلاة الرجل وقصر خطبته مئنة على فقهه، فأطيلوا الصلاة، واقصروا الخطبة، وإن من البيان لسحرًا»(2).
وهذا شيء نسبي بمعنى أن خطبته تقصر بالنسبة لغيرها من المواعظ، وصلاته أطول من صلاته في بعض أوقات النهار، التي يغلب التخفيف فيها.. وقد جاء أنه كان يصلي بالجمعة والمنافقون، أو بالأعلى والغاشية.. وأمثالها، وقد خطب صلى الله عليه وآله وسلم بسورة (ق) وهي أطول من مجموع سورتي الأعلى والغاشية، وما كان يصلي بمئات الآيات كما كان يصلي في الليل.
وكما تقدم أنه أمر نسبي، وحاصله اختصار الخطبة.
وعلى كلٍّ: الذي يستطيع أن يخطب خطبة مختصرة نافعة جامعة للمقصود؛ أمر حسن، أما أن تكون الخطبة بمقدار ساعة فهي مملة، ولا كذلك ساعة إلى ربع، وأسب ما تكون بمقدار نصف ساعة مع الصلاة، أو ساعة إلى ثلث، وقد يكون الموضوع جاذبًا للمستمع فيطيل وآخر يمكن إيجازه في جمل فيكون أقصر من غيره.. ولكل مقام مقال، والحمد لله أن الخطب هنا في دار الحديث غير مملة.

Jawaban: ini merupakan tanda kedalaman fikih seseorang, sebagaimana sabda beliau shollolloh alaih wa sallam "sesungguhnya panjang sholat seseorang dan pendeknya khuthbahnya adalah tanda kedalaman fikihnya maka panjangkanlah sholat dan sederhanakanlah khuthbah dan sesungguhnya pada penjelasan terdapat daya menyerupai sihir.

Ini adalah suatu hal yang nisbi (tergantung pada hal lain) yang makna hadits tsb adalah ringkas khuthbah jumat tsb dibanding ceramah2 lainnya. Dan panjangnya sholat jumat itu jika disandingkan dengan sholat yang dilakukan pada siang hari yang kebanyakan ringan/ringkas.

Telah dinukilkan bahwa rosululloh shollolloh alaihi wa sallam pernah sholat jumat dg membaca surah aljumah dan almunafiqun atau surah al'ala dan alghosyiyah dan yang semisal dengan itu. Dan juga dinukilkan bahwa beliau shollolloh alaih wa sallam pernah khuthbah dg menyampaikan/membahas surah qof dan surah qof tentunya lebih panjang dari kedua surah alalaa dan algosyiyah. dan juga beliau shollolloh alaih wa sallam tdk pernah membaca ratusan ayat sebagaimana yang dibaca pada sholat2 malamnya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa hal tersebut nisbi dlm memendekkan khuthbah dan disimpulkan juga maka barangsiapa yang mampu menyampaikan khuthbah ringkas dan tetap bermanfaat yang merangkum seluruh maksud permasalahan yang disampaikan maka itu hal yang baik. Adapun khuthbah yang berdurasi sejam maka pastilah membosankan. adapun durasi setengah jam atau 40 menit terkadang materi yang baik mengikat perhatian para pendengar sehingga panjang (tdk membosankan shg terasa tdk panjang) yang mungkin diringkas oleh khotib lain dg sajian yang lebih ringkas...pada setiap situasi ada materi yang sesuai dengannya. Walhamdulillah sesungguhnya khuthbah di sini darul hadits dammaj tidaklah sampai membosankan.
----------------------
(1) شذرات من أوائل الدروس العامة للشيخ يحيى حفظه الله تعالى (ج).
(2) رواه مسلم عن عمار بن ياسر رضي الله عنه، وقد تقدم.

Baarokalloh fiikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar